RSS

Career Is Not Your Job, It’s Your Passion Part 1


Hai blogger…sambil nunggu rasa ngantukzzz ini full dan berhubung nggak baik juga tidur sore-sore ( jam stg 10 malam itungannya masih sore hihihihi..padahal kalo dikampung jam segitu udah sunyi senyap dan gelap gulita), jadi saya memutuskan untuk sedikit sharing, kali ini tentang perjalanan karir saya. 

Asisten Dosen Statistik & Operasi Komputer, Universitas Trisakti 2007 - 2009 

Perjalanan karir saya dimulai dari sekitar bulan September tahun 2007, waktu itu saya masih berstatus sebagai mahasiswa Akuntansi semester V. Karena dikampus saya kebetulan memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengajukan diri untuk menjadi asisten dosen, maka saya pun ikut berpartisipasi mendaftarkan diri. Sebenarnya saat itu mengajukan diri juga sebagai asisten dosen akuntansi, tapi pada saat proses seleksi ternyata saya tidak lulus…hehehe….tapi alhamdulilah masih lulus menjadi asdos statistik dan operasi komputer. Orientasi menjadi asdos ini bukan hanya sekedar mendapatkan penghasilan tambahan lho, tapi ini sebagai ajang latihan untuk bekerjalah bisa berbagi ilmu yang kita miliki, dan tentunya jadi punya banyak teman juga. 

Kenangan terindah saat menjadi asdos adalah menjadi pengawas di setiap ujian dimulai baik itu ujian tengah semester maupun ujian akhir semester. Seruu…harus lari-lari dari kampus F (dirawasari gudang garam) ke kampus A (grogol), dan mendapatkan uang pengawas Rp 25,000 – 50,000 serta snack atau makan malam…hehehehe… 
Teman - teman Asdos -
Alumni (beberapa alumni termasuk saya) & yang masih aktif
 

Penghasilan : Lumayan buat nambah-nambah yang jajan hehehe….per jamnya berapa yaah saya lupa, karena tergantung banyak kelas yang kita ambil. Kalo nggak salah siy per sesinya (2 jam), sekitar Rp 25,000 – Rp 50,000. 

Plus : Mengajarkan diri menjadi lebih mandiri, mengharuskan diri untuk bisa multi tasking dan membagi waktu kalo dalam istilah akuntansinya, harus menjaga supaya tetap balance antara kerja dan kuliah terutama IPK harus tetap dipertahankan atau meningkat walapun waktu terbagi, bisa punya banyak teman, banyak informasi, banyak gebetan (hohoho…kebetulan love story saya juga berbekas disini..hehehe…), banyak sahabat (yaapz ada punya sahabat angkatan diatas sana yang sampai saat ini jadi sahabat karib..hehehe…), mengajarkan bagaimana agar ilmu yang kita punya bisa kita bagi ke orang lain, bagaimana cara mengajar agar bahan yang diajarkan dibuat menarik, etc. 

Minus : Mmm apa yaah minusnya? Kaenya waktu itu bener-bener 100% menikmati dan menyenangkan jadi nggak ada minusnya. 

Accounting and Admin Staff, GlaxoSmithKline April 2009 – March 2010 

Allah itu Maha Pemurah, jadi setelah sidang sekitar bulan Februari 2009 karena waktu udah lowong dan nggak ada lagi yang dikerjain saya mulailah mencari pekerjaan, walaupun ijazah belum keluar saya pikir nggak ada salahnya mencoba. Sekitar awal April 2009 saya diterima di GlaxoSmithKline, awalnya saya sendiri rada asing dengan nama perusahaannya. Malah malam pada saat persiapan untuk dipanggil interview besok paginya, saya mencoba googling untuk mengetahui tentang perusahaan tsb. Setelah saya searching ternyata itu adalah salah satu perusahaan farmasi multinasional yang kantor pusatnya kalo nggak salah dimiliki sama inggris. Saya baru enggeh kalo ternyata panadol obat sakit kepala yang terkenal itu adalah buatannya GSK. 

Proses tesnya saat itu saya hanya interview, dengan HRD dan dengan user dalam waktu 1 hari. Fuuuiiiih pertanyaan yang diajukan oleh HRDnya sama detail, sampai ditanya dari seminar yang pernah diikuti mana yang paling disukai dan mengapa…hehehe mungkin simple tapi nggak mungkin kan ngejawab asal-asalan. Lalu interview sama usernya 2 orang saat, satu laki-laki dan satu wanita keduanya adalah supervisor accounting. Kalo dari pertanyaan mereka dan jawaban saya, menurut supervisor wanita saya kurang cocok dengan posisi yang akan dipegang karena berbeda dengan cita-cita saya yang nantinya ingin punya kantor konsultan pajak sendiri hehehe…. 

GSK Event
Rejeki emang nggak kemana, padahal saya merasa tidak yakin dengan hasil interviewnya…tapi ternyata saya diterima, malah alhamdulilah bangetnya penghasilan yang diberikan lebih besar 1,5 jt dari yang saya harapkan. I’m a lucky guy..sure anak fresh graduate belum punya pengalaman kerja, masuk diperusahaan yang multinasional dan bener-bener nggak punya kenalan, melamar untuk posisi tax officer yang ternyata udah diisi, tapi malah diterima sebagai accounting dan admin staff dengan penghasilan di atas 2,5jt per bulannya….hohoho alhamdulilah banget. Sebenernya saya juga nggak tahu apakah ini adalah pekerjaan yang saya inginkan..tapi nggak ada salahnya kan dicoba? Rejeki ditolak? Kaenya nggak bijaklah, saya pikir sebagai awal karir saya nggak ada salahnya saya ambil kesempatan ini.

Penghasilan : Wuahohoho...seperti yang sudah saya ceritakan diatas sebelumnya...untuk itungan saya sebagai fresh graduate, dengan job desk saya..lumayan makmurlaah...sempet ngerasain dapet bonus juga, pas 1 bulan sebelum keluar...*keberuntungan yang tidak direncanakan...hehehe...

Plus : Dari sini saya banyak mengetahui aplikasi ilmu akuntansi yang saya pelajari selama dibangku kuliah dengan keadaan yang sebenarnya didunia kerja. Ungkapan orang yang bilang kalo ilmu saat dibangku kuliahan tidak akan ada gunanya pada saat kerja itu ternyata salah besar. Dengan posisi sebagai accounting dan admin staff khususnya account payable saya menggunakan ilmu yang saya pelajari dahulu dibangku kuliahan, yaah walaupun nggak semuanya tapi paling gak basicnya pasti tetap sama. Karena saya merangkap juga sebagai admin, jadi saya sering ditugaskan untuk mengkoordinasikan tim finance jika ada acara-acara tertentu, saat itu pindahan kantor dari Pulo Gadung ke Menara Standard Chartered Kuningan, memfasilitasi stationary dan SOP, memfasilitasi tanda tangan finance director yaah lumayan bisa practice inggrislah disini, walaupun saat itu saya masih sangad tidak pede….ampe saat ini juga siy kaenya hehehe… 

Gift and Greeting - Farewell (^^,)

Tingkat kerahasiaan diperusahaan ini sangat dijaga, mungkin karena perusahaan farmasi. Saya banyak belajar internal control juga disini, banyak belajar cara bersikap, belajar cara menghadapi teman yang bukan main jahatnya hehehe….jahat bukan karena dia tidak bersikap baik lho sama saya, tapi dia juga suka menghasud dan nggak segan-segan menyebarkan gossip atau memutar balikkan fakta…etclah…yaah itu kan haknya dia yaah….tinggal tergantung dikitanya ajah yang kudu pinter-pinter milih temen. Tapi mana bisa pinter wong pengalaman kerja juga baru asdos ajah. Karena GSK perusahaan farmasi yang salah satu produknya adalah vaksin, maka karyawannya diberikan vaksinasi secara gratis atau dengan harga diskon. 

Tempat kerjanya cozy dan nyaman banget, bahkan tempat solatnya pun dibuat seolah seperti musollah yang paling bagus yang pernah saya temui selama saya kerja. Last day saya disini benar-benar mengharukan, padahal saya hanyalah orang yang baru bekerja baru hampir setahun. Tapi perusahaan bersedia mengadakan farewell saya di Rice Bowl Semanggi, teman-teman banyak banget yang ngasih kartu dan kado….paling tidak semua itu bisa sedikit menunjukkan bahwa saya pernah memiliki arti berada disini. 

Best Manager and Best Friend ^-^
Selain itu disini, saya mendapatkan manager yang sampai saat ini menjadi sahabat saya, nama lina indrawati. The best manager that I ever had…bukan memiliki kepintaran akuntansi tang luar biasa tapi dia bisa menjadi seorang manager, tapi juga bisa menjadi seorang kakak dan sahabat. Banyak hal yang saya pelajari darinya…sayangnya karena simplifikasi sehingga saya tidak bisa berada lama disini, dan kebetulan juga saya sudah mendapatkan pekerjaan baru sebagai seorang auditor yaitu profesi yang memang saya inginkan sejak kuliah dulu, saya diterima di Mazars sebuah KAP multinasional yang dulunya namanya adalah moores Rowland. 

Minusnya : Kerjaannya hampir itu-itu ajah, hanya butuh penyesuaian didepan ajah. Kalo udah ngerti selanjut-lanjutnya yaah begitu gitu juga, lumayan bikin membosankan untuk orang yang menyukai tantangan dan kerutinitasan, dan jika kita tidak pintar-pintar memperluas jod des kita sendiri maka lama-lama kita hanya akan menjadi orang yang clerical. Hohoho..sepertinya saya harus segera mengakhiri tulisan ini sementara..udah lumayan ngantuks juga..dan waktu udah menunjukkan pukul stg 11, takutnya nanti malam saya tidak bisa ngedate dengan yg Maha Khalik. 

To be continue…….

1 comments:

eka said...

Mbak gimana pengalamannya di Moores? Jenjang karirnya bagaimana?
Saya kebetulan dipanggil tapi mau tanya lebih jauh tentang perusahaan ini.
Karena tempat pekerjaan saya sekarang lumayan nyaman. Mbak bisa invite WA saya di 081246975619 atau email ekaput.piscesean@gmail.com karena saya mau tahu lebih banyak. Terimakasih :)

Post a Comment


# Customized by : eKa daSwinDar ® Copyright June, 2011 Redesign Feb, 2014. All rights reserved #
} }